Senin, 03 September 2012

Google Kurangi Hasil Pencarian Dari 10 Menjadi 7

Google sedang bereksperimen dengan mengurangi hasil pencarian di halaman pertama, dari 10 menjadi 7.Namun nampaknya hanya 20% pencarian yang menampilkan hasil ini. Dan alasannya kemungkinan berhubungan dengan sitelinks atau link-link halaman yang ada dalam sebuah situs.

Hasil pencarian "Kaskus" menunjukkan 7 hasil.

Sitelinks sering muncul pada merek atau situs-situs yang sudah terkenal.

Google baru-baru ini mengatakan bahwa mereka sedang melakukan perubahan pada sitelink dan site clustering (pengelompokan halaman dari situs yang sama).
"Kami terus mengerjakan yang terbaik untuk menunjuk hasil ganda dari sebuah situs jika sudah jelas para user menyukai situs tersebut. Secara terpisah, kami juga bereksperimen dengan memvariasikan jumlah hasil per halaman, sebagaimana kami lakukan secara periodik. Tujuan utama kami adalah menyediakan hasil yang paling relevan atas query yang diberikan secepat mungkin, apakah itu variasi yang luas akan sumber atau navigasi yang dalam kepada sebuah sumber tertentu. Selalu ada ruang untuk pengembangan, maka kami akan terus bekerja mendapatkan kombinasi yang benar."

Perkembangan ini bisa menjadi hal yang positif sebab dapat membantu sebuah website menekan jumlah konten negatif. Namun tidak semua orang merasa butuh sitelink dan lebih suka mendapatkan porsi lebih pada halaman pertama pencarian. Kembali kepada masing-masing blogger/pemilik website menanggapinya.

Sarannya adalah buatlah konten yang kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan agar lebih SEO-friendly dan bertahan lebih lama di puncak hasil pencarian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar