Minggu, 15 Juli 2012

Cara Agar Tetap Termotivasi Ngeblog


Masa yang paling berat dalam negblog biasanya adalah minggu dan bulan-bulan pertama. Di masa itu kita sering kehilangan motivasi dan tujuan ngeblog.

Berikut ini adalah cara agar tetap termotivasi ngeblog hingga akhir. 

Rencana yang jelas

Tulislah rencanamu kedepan dengan blogmu. Apa yang ingin kamu capai dari blog? Seperti apa audiens yang ingin kamu buat tertarik dengan blogmu?

Membuat rencana yang jelas akan membuat kamu lebih yakin tentang apa tujuan dan goal-goal yang ingin kamu capai dari ngeblog. Sehingga ketika ditanya apa tujuanmu ngeblog kamu bisa menjawabnya dengan tegas dan jelas. 

Terorganisir

Ngeblog memang sering bikin kita lupa waktu. Tapi adalah penting untuk mengikuti jejak perjalanan kita sendiri, untuk mengetahui sudah ada dimana kita dalam perjalanan ngeblog, apa yang sudah kita capai dalam kurun waktu tertentu, dan sebagainya.

Ini juga bisa jadi bahan pembelajaran bagi kita mengenai hal-hal yang sebenarnya bisa kita kembangkan lebih cepat, atau yang harus diberi perhatian lebih. Jika ini bisa kamu lakukan, maka kamu akan memegang kontrol penuh terhadap seluruh proses ngeblogmu.

Jadwal

Buatlah jadwalmu sendiri untuk mengetahui apa yang harus dikerjakan lebih dulu. Beri diri kamu sendiri waktu deadline untuk waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan sebuah postingan, waktu yang harus dihabiskan untuk berpromosi di social media, jumlah waktu untuk membalas komentar dan email, dan waktu untuk melakukan kegiatan-kegiatan lain di dunia maya. 

Kumpulkan sesumber

Kumpulkan sumber informasi yang kamu dapat di Internet. Bisa jadi sebuah website, thread di forum, ebook atau buku yang kamu baca.

Informasi-informasi tersebut akan berguna ketika kamu butuh mencantumkan referensi mengenai postingan di blogmu. 

Sumber inspirasi

Kunjung secara rutin atau bookmark situs-situs yang kamu sukai dan memberi inspirasi. Berikut ini beberapa sumber inspirasi yang biasa saya kunjungi ketika butuh inspirasi:
  1. http://www.plinky.com/prompts

  2. http://creativewritingprompts.com/

  3. http://thoughtquestions.com/
Istirahat dan bermain

Ngeblog itu menyenangkan tapi sekaligus kerja keras. Pastikan kamu punya waktu untuk istirahat. Misalnya dengan bermain game, jalan dengan teman atau pacar, memainkan olahraga favorit, dan sebagainya.

Tetaplah terhubung dengan dunia nyata, karena selain dapat menyegarkan pikiran dan mengisi ulang energi, kehidupan adalah sumber inspirasi terbesar yang bisa kamu petik untuk digunakan dalam karya blogmu selanjutnya.Perjalanan dalam ngeblog memang panjang dan tidak selalu mudah. Tapi blogger selalu menemukan sesuatu yang baru untuk dipelajari setiap hari. Ngeblog bukan sekedar menulis postingan, tapi juga menggali pelajaran dari kehidupan. Dan pekerjaan itu bisa kamu lakukan dengan baik, karena kamu adalah seorang blogger.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar