Sabtu, 14 Juli 2012

Blekko: Search Engine "Garis Miring" Pesaing Google


Blekko adalah search engine yang bisa menyaring spam. Hal ini dilakukannya dengan mendaftar situs-situs yang terpercaya sebagai referensi awal pencarian.Blekko memberdayakan user-nya untuk menandai sebuah situs yang dinilai sebagai situs spam.Jika dengan Google kita bisa menggunakan trik seperti kalkulator hingga mengetahui nilai mata uang asing, Gekko punya gimmick berupa 'garis miring' atau slashtag.

Misalnya jika kamu mencari nama situs diikuti dengan "/seo" maka kita akan bisa melihat laporan detil tentang situs tersebut.

Detil yang diberikan termasuk informasi inbound/backlink, duplikasi konten blog kita di situs lain, kapan terakhir kali situs/blog kita ditelusuri search engine, jumlah tayangan, dan sebagainya.

Untuk menikmati fasilitas ini kamu harus mendaftar terlebih dahulu (nggak ribet kok, tanpa konfirmasi lewat email).

Kamu bisa menginstall Blekko di Mozilla Firefox.


Beberapa fungsi dasar slashtag di Blekko:

/date = misalnya: "ramadhan/date" untuk mengetahui hasil pencarian terbaru seputar kata kunci yang kita masukkan.

/images = untuk mencari hasil gambar. Contoh: "batman/images" ketika kita klik gambar akan langsung terbuka URL gambar tersebut tanpa melalui perantara situs sumber seperti di Google. Misalnya jika kita mengklik salah satu thumbnail gambar, akan terbuka http://domain.com/upload/batman1.jpeg

/videos = untuk mencari hasil video.

keyword site:domain.com = untuk mencari kata kunci langsung dari situs tertentu. Misalnya, lady gaga site:mp3crank.com

domain.com/similar = untuk mencari situs-situs yang mirip. Contohnya: kaskus.us/similar

Kita juga bisa menggabungkan dua slahstag untuk mengetahui hasil terbaru tentang topik tertentu. Misalnya, /tech /date untuk mencari tulisan terbaru tentang teknologi

Klik cache = klik more > cache pada hasil pencarian untuk mengetahui seberapa bagian situs yang sudah termuat dan masuk kedalam memori cache. Misalnya kamu sempat membuka salah satu pencarian, lalu kamu tutup. Beberapa saat kemudian kamu melakukan pencarian yang sama, lalu klik more > cache untuk melihat kembali situs yang tadi secara lebih cepat.

Klik spam = setelah kamu menginstal Blekko pada browser Mozilla Firefox, akan muncul toolbar dibawah browser. Pada toolbar tersebu terdapat tombol/ikon untuk menandai sebuah situs sebagai spam.

Info lebih lengkap mengenai penggunaan slashtag pada Blekko:
1. 30 Ways To Use Blekko For Search & SEO
2. Slashtags And How To Use Them

Tidak ada komentar:

Posting Komentar