Senin, 10 September 2012

Bisakah Ngeblog Tanpa Niche (Tidak Tahu Apa Yang Harus Ditulis)?

Ngeblog tanpa niche yang solid ataupun keahlian khusus bukanlah hal yang mustahil. Banyak orang yang kebingungan karena ingin ngeblog tapi tidak ahli dalam niche apapun.

1. Tentukan minat kamu. Ngeblog tentang sesuatu yang membuat kamu tertarik dan berhasrat untuk mendalaminya lebih lanjut. Belajar adalah proses berkelanjutan dan pengetahuan serta kemampuanmu dalam niche tersebut akan berkembang seiring kamu ngeblog.

2. Belajar dari ahlinya. Kembangkan pengetahuanmu dengan belajar dari ahli dalam niche yang kamu geluti, cobalah mengangkat informasi yang sama dengan bahasamu sendiri, dan mungkin tambahan informasi yang kamu dapatkan dari hasil belajar sebelumnya.

3. Bangun network. Menulis secara reguler akan membantu kamu membangun otoritas atau wibawa dalam bidang yang kamu geluti. Pastikan kamu juga membangun network dengan para blogger dari niche yang sama denganmu dan manfaatkan koneksi tersebut.

Fokuslah pada memberikan konten yang berkualitas bagi pembacamu. Bersabarlah dan perhatikan blogmu tumbuh sedemikian rupa.

2 komentar:

  1. Sip tipsnya, yang penting semangat untuk ngeblog tidak padam

    BalasHapus
  2. betul pak.. terimakasih kunjungan dan komennya.. :D

    BalasHapus