Sabtu, 15 September 2012

20 Tips Membuat Blog Tampil Prima Bagi Pengunjung Perdana


Ingin membuat blogmu tampil prima bahkan bagi pengunjung perdana? Berikut 20 Tips Membuat Blog Tampil Prima Bagi Pengunjung Perdana yang bisa kamu coba.


  1. Lihat judul blogmu. Apa yang dikomunikasikan oleh judul blogmu tersebut? Jika kamu berniat pindah ke blog self-hosting pikirkan baik-baik tentang nama blogmu.

  2. Lihat pula tagline blogmu. Tagline dapat memberitahu pengunjung perdana tentang apa dan gambaran tentang isi blogmu. Buatlah tagline yang deskriptif.

  3. Carilah desain yang membuat blogmu tampak se-profesional mungkin. Lebih baik lagi jika menggunakan tema-tema premium. Atau bisa kamu utak-atik sendiri jika memahami coding.

  4. Tambahkan biografi singkat tentang dirimu beserta foto di sidebar. Ini dapat memberikan gambaran sekilas kepada pengunjung siapa yang menulis blog tersebut.

  5. Tempatkan Popular Posts atau Tulisan Terpopuler di sidebar. Sajikan pengunjung dengan konten-konten terbaik dari blogmu.

  6. Letakkan formulir pendaftaran lewat email di posisi yang terkemuka seperti sidebar atas.

  7. Buatlah pengunjung bisa mengontakmu dengan mudah melalui formulir kontak atau halaman About.

  8. Jika kamu menerima guest post, tampilkan syarat-syaratnya dengan mudah, misalnya dengan menempatkannya di halaman khusus. Sebutkan pula jika kamu hanya menerima guest post khusus dari blogger yang kamu undang saja.

  9. Tambahkan link social media di sidebar. Tentukan icon yang akan kamu gunakan dan konsistenlah menggunakannya.

  10. Optimalkan halaman about me, karena begitu orang membuka halaman ini, mereka ingin mendapatkan informasi yang lengkap tentang blogmu, tentang alasanmu menulis blog tersebut dan mengapa blog itu bisa berguna bagi pembaca.

  11. Tambahkan formulir berlangganan pada setiap akhir postingan untuk mengingatkan pembacamu. Tambahkan pula related posts atau tulisan-tulisan lain yang berhubungan.

  12. Tambahkan tombol social media di bawah postingan agar pembacamu bisa dengan mudah membagikan tulisanmu. Jangan taruh terlalu banyak social media, hanya yang kamu ikuti saja agar kamu bisa merespon dan mengawasi tulisan-tulisan yang banyak dibagikan orang di social media.

  13. Buatlah judul-judul tulisan yang menarik perhatian dan membuat orang penasaran untuk mengkliknya.

  14. Buatlah postinganmu enak dipandang di layar komputer. Gunakan paragraf-paragraf pendek, daftar, urutan, gambar, screen shot dan banyak 'ruang putih'. Ini akan mempermudah pembaca men-scan gari besar dari tulisanmu.

  15. Menulislah secara komunikatif, jangan terlalu sering menggunakan gaya tulisan ala ensiklopedia.

  16. Pada akhir tulisan, ajaklah pembaca untuk berkomentar, mengutarakan pendapatnya mengenai topik yang dibicarakan atau membeli produk tertentu.

  17. Buatlah postingan daftar tulisan pilihan yang kira-kira akan membuat pembaca tertarik untuk membacanya.

  18. Balaslah tiap komentar yang masuk, minimal komentar-komentar yang relevan dengan topik.

  19. Tawarkan ebook atau software atau sekedar link-link video yang berhubungan dengan niche blogmu secara gratis bagi orang yang mendaftar newsletter atau berlangganan lewat email.

  20. Tampilkan Hire Me jika kamu menjual jasa tertentu. Berikan detil layanan yang kamu berikan. Dan tampilkan pula testimonial dari pelanggan-pelangganmu untuk menambah kredibilitas dan wibawa.
Buatlah catatan apa saja yang ingin kamu lakukan untuk membenahi blogmu dan selamat bersenang-senang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar