Minggu, 30 September 2012

6 Cara Efektif Membangun Backlink Organik

Backlink organik adalah backlink yang dibangun secara alami berdasarkan kualitas konten. Berikut 5 tips untuk mendatangkan backlink organik ke blog kamu.

1. Kontroversi

Buatlah kontroversi mengenai suatu hal, terutama dari sudut pandang negatifnya. Ikuti perkembangan topik yang sedang tren. Buatlah postingan yang menarik perhatian seluruh media. Namun hati-hatilah dalam mengusung permasalahan hukum.

2. Eksperimen

Bereksperimenlah menurut minat dan hobi. Tidak semua orang bisa melakukannya karena eksperimen membutuhkan waktu dan kesabaran. Maka jika kamu pandai dalam suatu pekerjaan, cobalah bereksperimen dengan pekerjaan atau hobi itu dan buat postingan tentang cara dan panduan melakukannya di blog. Dengan demikian backlink akan mengalir kepada artikelmu hingga jangka panjang.

3. Gratisan

Memberikan gratisan untuk mendapatkan pelanggan blog dan backlink adalah strategi lama yang masih powerful. Mungkin tidak langsung bisa dirasakan, namun seiring waktu kamu akan mendapatkan backlink berkualitas. Tergantung pada kualitas dan tipe gratisan yang kamu berikan. Cobalah membagikan gratisan yang unik dan kreatif.

4. Komunitas

Tulislah postingan yang berkaitan dengan komunitas tertentu, misalnya cara-cara mengoprek blog Wordpress atau template gratis untuk Blogger/Blogspot. Jangan lupa bergabunglah dengan blogger-blogger lain agar tulisanmu semakin mudah dijangkau.

5. Video Blogging

Banyak orang yang sebenarnya memiliki bakat untuk membuat video yang bermanfaat namun belum mencoba melakukannya. Dengan video kamu akan mendapatkan sorotan yang konsisten. Lihatlah vlog atau video blog lain untuk mendapatkan sejumlah inspirasi. Buatlah video agar artikelmu mendapatkan backlink dari banyak blog.

6. Forum

Bergabunglah dalam forum dan coba memberikan jawaban berdasarkan apa yang kamu ketahui. Jangan memberikan komentar SPAM, tapi berikanlah jawaban panjang terhadap pertanyaan yang ada sesuai pengetahuanmu.

4 komentar: