Jumat, 13 Juli 2012

8 Tips Membuat Tulisan Yang Menarik


Membuat tulisan yang menarik bukan berarti harus sempurna, tetapi memiliki ciri khas dan berbeda.

1. Jangan takut salah

Kebanyakan blogger dipenuhi rasa khawatir bahwa tulisannya tidak bagus atau tidak bisa diterima oleh pembaca. Atau tulisannya tidak sesuai EYD atau menyalahi aturan bahasa. Jika ingin membuat postingan yang menarik, kita harus berani membuat kesalahan sehingga orang tertarik untuk membaca.

2. Buatlah orang tertawa

Semua orang suka humor. Begitu juga pembacamu. Bayangkan kamu menemukan sebuah postingan blog yang membahas tentang bagaimana pengalamannya dipukuli preman mengajarkannya tentang menghadapi kritik. Berikan pembacamu tawa!

3. Berikan pijatan relaksasi

Sebagian orang baru sempat membaca blog ketika pulang kerja di hari yang melelahkan. Jadikan postinganmu sebagai obat rileks.

Ceritakan apa yang biasanya membuat orang stres atau pusing, dan bagaimana mengatasinya.

Dan orang akan menyiarkan tulisanmu di situs-situs social media, karena mereka ingin teman-temannya yang juga sedang pusing tahu bagaimana mengatasi masalah mereka.

4. Berikan peran pada pembaca

Buatlah pembacamu merasa menjadi bagian dari tulisan yang interaktif.

Minta pembaca membayangkan dirinya berada pada situasi tertentu, sebagai tokoh tertentu dengan pilihan-pilihan tindakan yang bisa ia ambil. Kemudian minta pembacamu menyarankan tindakan yang lebih baik.

5. Buat prediksi berdasarkan keahlianmu

Jika kamu seorang penggiat IT, buatlah prediksi tren teknologi dan Internet beberapa tahun kedepan. Atau jika kamu seorang chef, rangkailah sebuah argumen mengenai makanan pokok alternatif di masa depan jika stok beras di Indonesia mengalami krisis besar-besaran. Orang-orang akan membicarakan argumenmu sampai ke forum-forum bahkan social media, karena tulisanmu menjadi sensasi.

6. Bebaskan kreatifitasmu

Bebaskanlah dirimu seolah tidak pernah ada yang akan membaca tulisanmu setelah kamu mengklik Publish.

Bicarakanlah sebuah topik dari sudut tergelap dan terdalam di hatimu, dari fantasi tergilamu, gabungkan dengan skenario-skenario yang paling tidak masuk akal tapi kamu yakin bisa terjadi.

Orang akan merespon tulisanmu sebagai bentuk kejujuran dan karya seni.

7. Pilih gambar ilustrasi yang tepat

Pilih gambar yang paling tepat mengekspresikan isi tulisanmu. Memang butuh waktu untuk mencarinya, tapi hasilnya sepadan. Struktur tulisanmu akan jadi semakin kokoh dan meyakinkan orang bahwa kamu hendak mengkomunikasikan sesuatu yang penting.

8. Kedepankan pembaca

Tulislah dengan jujur seolah kamu sedang berhadapan dengan pembacamu. Perasaan mereka terhadap tulisanmu memengaruhi, apakah mereka tertarik membaca sampai habis atau pergi sebelum paragraf kedua.

Pembacamu adalah penikmat pertama dan utama dari karyamu. Jika kamu ingin tulisanmu 'didengar', perlakukan pendengarmu sebagai tamu istimewa yang sengaja kamu undang untuk mendengar cerita yang menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar